Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Aktivitas install dan uninstall aplikasi adalah hal yang lumrah bagi para pemakai laptop. Namun, ada kalanya aplikasi yang telah di hapus justru di perlukan kembali. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop.

Dengan demikian, tidak perlu melakukan download aplikasi yang memerlukan waktu relatif lama. Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop tergolong cukup mudah yakni dengan menggunakan fitur “System Protection” dan “System restore”.

Selain itu, memulihkan aplikasi yang terhapus di laptop juga bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi 10AppsManager. Agar lebih jelas, simak uraian di bawah ini:

1. Menggunakan Fitur System Restore

Untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan fitur “System Restore”. Fitur ini bekerja dengan memulihkan kembali kondisi perangkat lunak pada waktu tertentu.

Namun, sebelum menggunakan fitur ini perlu mengaktifkan proteksi sistem pada laptop. Untuk detail langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi File Explorer, kemudian arahkan kursor pada ikon “This PC” dan klik kanan selanjutnya pilih “Properties”.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan “Control panel home”, pilih “System protection”. Tunggu hingga muncul pop up jendela “System properties”.
  • Pada sub menu “Protection settings”, pastikan pada bagian kolom “Protection”, proteksi perangkat dalam keadaan “On”.
  • Selanjutnya klik “System restore”, Nantinya akan muncul tabel berisi detail kondisi laptop pada waktu tertentu.
  • Pada tabel “Date and time”, pilih waktu terhapusnya aplikasi dan klik “Next”. Pilih “Scan for affected programs and drivers”. Sistem akan melakukan scanning untuk mengidentifikasi program-program yang terhapus dari perangkat.
  • Setelah proses scan selesai, akan muncul pop up “System restore” di mana pada kotak bagian bawah akan terdapat detail aplikasi yang terhapus.
  • Klik “Next”, kemudian akan muncul pop up “Confirm your restore point”. Jika data program yang ingin di pulihkan sudah benar, klik “Finish” lalu klik “Yes”. Sistem akan memulai proses mengembalikan aplikasi yang terhapus dan laptop akan melakukan restart. Proses ini memerlukan waktu sekitar 10 menit.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

2. Menggunakan 10AppsManager

Cara merestore aplikasi yang terhapus di laptop selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama 10AppsManager. Aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan program atau aplikasi yang di hapus sebelumnya.

Namun, kekurangannya yaitu aplikasi ini hanya bisa di gunakan pada Windows 10 dan hanya bisa memulihkan aplikasi bawaan saja. Adapun langkah-langkah yang dapat di lakukan antara lain:

  • Download aplikasi 10AppsManager.
  • Setelah file aplikasi terunduh, ekstrak file zip 10AppsManager dan pindahkan folder ke penyimpanan lain.
  • Sematkan shortcut file exe pada halaman beranda laptop dengan melakukan klik kanan pada file exe, selanjutnya pilih “Pin to Start”, aplikasi ini tidak memerlukan install. Yang perlu diperhatikan yakni jangan memisahkan isi dalam folder.
  • Aktifkan System Restore Point.
  • Pilih aplikasi yang ingin dikembalikan, kemudian klik “Reinstall”.
  • Selain untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, 10AppsManager juga dapat digunakan untuk uninstall aplikasi bawaan seperti Skype, OneNote, dan Xbox. Untuk uninstall aplikasi, pilih aplikasi yang akan di uninstall kemudian klik “Yes”. Aplikasi ini juga dapat dihapus dengan mudah yaitu hanya dengan menghapus folder aplikasi.

Demikian cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dengan fitur System Restore dan menggunakan aplikasi 10AppsManager. Cara ini bisa dilakukan pada laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10.

Cara Pulihkan Aplikasi yang Terhapus di Laptop.

Untuk sistem operasi Windows lainnya masih bisa menggunakan fitur System Restore. Namun, hal ini tidak dapat menggunakan aplikasi 10AppsManager.

Baca Juga :

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi Tambahan di Smartphone Android.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *