Mobile Legends Sering Lag Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mobile Legends Sering Lag Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Salah satu hal yang paling menyebalkan ketika sedang bermain game online adalah game tiba-tiba lag atau not responding yang menyebabkan permainan berhenti. Pemain Mobile Legends adalah salah satu gamer yang sering menghadapi masalah ini. Banyak pendapat menyebutkan Mobile Legends sering lag karena masalah jaringan yang dipakai namun ada juga yang mengatakan spesifikasi perangkat juga berpengaruh.

Lag sendiri membuat sistem berhenti bekerja karena perintah yang diberikan gagal diproses dan ketika hal itu terjadi, pengguna harus menunggu atau mengakhiri permainan segera. Jika pengguna sedang melawan musuh dalam permainan dan tiba-tiba karakter yang dimainkan membatu, tentu membuat musuh lebih mudah menyerang. Penyebab dan cara mengatasi lag pada Mobile Legends akan dibahas selengkapnya.

Beberapa Penyebab Lag Sering Terjadi pada Mobile Legends

Mobile Legends sering lag faktor utamanya adalah jaringan namun, pengguna juga tidak boleh menutup mata pada hal-hal lain yang mungkin jadi penyebab lag ini muncul tiba-tiba. Mulai dari perangkat yang digunakan hingga masalah pada server, hal tersebut tidak boleh luput dari perhatian. Berikut ini ulasannya:

1. Internet yang Tidak Stabil

Mobile Legends adalah game berbasis dalam jaringan, pengguna perlu memakai jaringan kuat yang cukup stabil untuk memainkan game ini. Jaringan internet yang buruk menjadi salah satu penyumbang lag yang sering terjadi pada game online pengguna. Jika sinyalnya naik turun, grafis yang dihasilkan bisa pecah-pecah hingga game yang dimainkan delay.

2. Adanya Pemadaman Listrik

Meski terasa tidak berkaitan dengan game Mobile Legends, pemadaman listrik akan mempengaruhi WiFi yang digunakan pengguna. Pasalnya, saat mati lampu terjadi jaringan wifi akan terputus otomatis dan menghilang. Apalagi pada provider Telkomsel, mati lampu menjadikan jaringan yang terkenal kuat itu lenyap.

3. Server Mobile Legends Mengalami Masalah

Walaupun jarang, server yang bermasalah secara tiba-tiba membuat permainan terhenti. Server Mobile Legends yang sedang down berarti akar permasalahannya berada pada pihak developer dan tidak terkait dengan spesifikasi ponsel atau jaringan internet pengguna. Hal tersebut bisa menimpa pemain manapun tanpa pandang bulu bahkan secara bersamaan.

4. Spesifikasi Perangkat yang Digunakan Kurang Mumpuni

Memainkan game battle royale membutuhkan spesifikasi ponsel standar ke atas karena banyak yang mesti ditunjang. Mulai dari ukuran game yang besar dan belum lagi kestabilan grafis yang harus dijaga. Minimal RAM yang dimiliki adalah 2 GB agar Mobile Legends dapat berjalan tanpa hambatan. Selain itu, GPU juga harus sesuai untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Mobile Legends Sering Lag Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Mobile Legends Sering Lag Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Lag pada Mobile Legends dengan

Jika disimpulkan, Mobile Legends yang lag disebabkan oleh tiga hal yakni kualitas jaringan, masalah pada server dan spesifikasi ponsel. Untuk masalah pada server hanya developer yang bisa memperbaikinya dan untuk dua penyebab lain, atasi dengan cara berikut:

1. Gunakan Internet yang Stabil dari WiFi atau Data Seluler

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan jaringan internet yang digunakan sudah cukup baik untuk menunjang permainan. Tidak perlu jaringan yang sangat kencang namun pastikan jaringan tersebut stabil dan tidak putus-putus. Jaringan yang baik ditandai dengan jumlah ping yang berada di bawah 200 ms.

2. Gunakan Device yang Dapat Menunjang Permainan

Spesifikasi RAM, chipset, processor hingga GPU adalah hal penting yang harus diperhatikan demi kelancaran bermain Mobile Legends. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur mode performa dan menghentikan aplikasi latar belakang sebagai langkah pencegahan lag terjadi.

Itulah beberapa alasan Mobile Legends sering lag beserta cara mengatasinya. Dalam device yang digunakan pengguna bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan kinerja processor agar program tersebut terfokus pada Mobile Legends. Adapun untuk jaringan internet, pengguna bisa mendekati sumber WiFi atau menggunakan jaringan dari provider terbaik.

Baca juga : 

Manfaatkan Alat Bantu PUBG Mobile Hingga Aplikasi untuk Menunjang Permainan.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *