5 Penyebab HP Lemot dan Macet dan Solusinya

5 Penyebab HP Lemot dan Macet dan Solusinya

Salah satu masalah terbesar yang sering terjadi bagi pengguna android maupun iPhone adalah sering lemot. Penyebab HP lemot dan macet ini sangat banyak dan bervariasi. Terkadang, setiap perangkat memiliki penyebab lemot yang berbeda. Namun intinya, masalah tersebut adalah sama.

Ketika HP sedang digunakan tiba-tiba lemot atau macet tentunya akan membuat pengguna jengkel. Hal tersebut harus segera diatasi. Perangkat yang macet akan bisa diatasi jika pengguna telah mengetahui penyebabnya. Berikut beberapa penyebab android macet dan ngelag serta solusinya untuk dipahami:

1. Spesifikasi Perangkat Kurang Baik

Semakin hari, teknologi pada aplikasi android semakin besar dan maju. Hal ini terlihat dari beberapa game yang membutuhkan grafis yang tinggi. Untuk android yang sudah lama dan memiliki spesifikasi yang rendah biasanya akan menjadi lemot ketika sedang dipakai.

 Ada beberapa solusi yang bisa dipakai untuk pengguna android yang memiliki spesifikasi yang rendah. Salah satu solusi tersebut yakni pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi memakai versi lite. Misalnya FB Lite, Browser Lite dan lain sebagainya.

2. Memori Internal yang Penuh

Penyebab HP lemot dan macet selanjutnya yakni perangkat hanya memiliki memori internal yang kecil. Banyaknya data atau file pada perangkat akan membuat space memori semakin kecil apalagi jika dari pabriknya memorinya sudah kecil.

Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan pengguna ketika memori internal kecil. Pengguna bisa memindahkan file atau dokumen ke memori eksternal atau tempat yang lain. Jika tidak memiliki memori lain, pengguna bisa menghapus beberapa file atau dokumen yang dirasa kurang penting.

5 Penyebab HP Lemot dan Macet dan Solusinya.

5 Penyebab HP Lemot dan Macet dan Solusinya

3. Jaringan atau Sinyal Lemah

Faktor selanjutnya yang membuat android menjadi lemot yakni karena masalah jaringan atau sinyal. Terkadang saat menjalankan beberapa aplikasi, pengguna dituntut untuk memiliki jaringan yang bagus dan kuat. Apalagi jika pengguna sedang menjalankan apk dengan grafis yang tinggi.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan saat perangkat lemot karena sinyal. Pertama, pengguna bisa mencari tempat yang memiliki jaringan yang kuat. Pengguna juga bisa mendekati tower provider yang digunakan. Jika belum berhasil, pengguna bisa mengganti provider yang cocok dengan tempat tinggalnya.

4. Sampah atau Cache yang Jarang Dibersihkan

Setiap ponsel tentunya memiliki banyak sampah berupa cache. Cache tersebut berasal dari file-file atau dokumen dari perangkat. Setiap hari, perangkat tersebut akan semakin banyak memproduksi sampah atau cache. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Pengguna bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara menghapus cache yang ada pada perangkat. Caranya, pengguna bisa menekan cukup lama pada aplikasi yang sampahnya ingin dibersihkan. Selanjutnya, pilih info apk. Setelah itu scroll hingga menemukan tulisan “hapus cache”.

5. Perangkat Terkena Virus

Penyebab ke-5 yang sering menyebabkan perangkat lemot yakni adanya virus yang menyerang. Ada banyak cara virus masuk ke dalam perangkat. Salah satunya dengan melalui apk. Ketika pengguna mengunduh apk illegal, ada kemungkinan apk tersebut membawa virus.

Ketika virus sudah masuk dalam android, system pada perangkat akan rusak sehingga bisa menyebabkan lemot. Itulah mengapa, pengguna harus berhati-hati ketika akan mengunduh apk. Hindari mengunduh apk melalui situs yang ilegal karena hal tersebut bisa membahayakan perangkat pengguna.

Itulah 5 penyebab HP lemot dan macet serta solusi yang bisa dijadikan pengetahuan dan referensi pengguna. Perlu diketahui, setiap HP yang lemot pasti ada solusinya. Agar solusi cepat ketemu, pengguna harus mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Juga :

Cara Monetisasi Youtube di Android.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *