5 Cara Agar Wifi Tidak Lemot yang Bisa Dicoba

5 Cara Agar Wifi Tidak Lemot yang Bisa Dicoba

Wifi lemot tentu sangat menyebalkan. Faktanya, kini berbagai kegiatan memerlukan koneksi internet. Selain dapat mengganggu akses internet, wifi yang lemot juga membuat berbagai kegiatan sehari-hari menjadi terhambat. Untuk mengatasinya, sebaiknya ketahui cara agar wifi tidak lemot yang akan dibahas di ulasan ini.

Sebenarnya, wifi lemot dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Misalnya seperti cuaca buruk, kehabisan paket internet, hingga jumlah pengguna yang terlalu banyak. Apabila mengalami wifi lemot, coba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. Lakukan Restart Router

Wifi yang lemot dapat diatasi dengan restart router. Cara agar wifi tidak lemot satu ini bisa membantu wifi kembali normal apabila penyebab lemot tidak begitu serius. Ada kalanya router mengalami gangguan atau hambatan untuk mendistribusikan jaringan internet wifi.

Oleh sebab itu, restart router dengan cara menekan tombol power beberapa saat hingga lampu indikator mati. Apabila router mati, cabut adaptor terlebih dahulu agar router tidak terhubung dengan aliran listrik.

Biarkan router mati kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah, pasang kembali adaptor dan nyalakan router. Tunggu hingga internet tersambung lagi dan pengguna akan mendapatkan kecepatan internet semula kembali.

2. Ganti Pengaturan Bandwidth

Selain melakukan restart router, pengguna juga dapat mengubah pengaturan bandwidth. Boleh jadi internet yang lambat disebabkan oleh bandwidth yang terbatas. Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengganti pengaturan bandwidth dengan frekuensi yang lebih besar.

Akan tetapi, untuk mengganti pengaturan bandwidth pengguna tidak bisa sembarangan. Pengguna harus memperhatikan modem tetap menyala saat mengganti setting bandwidth. Jika pengguna sudah meningkatkan frekuensi bandwidth, pengguna harus menunggu setidaknya 20 sampai 30 menit untuk melihat perubahannya.

 

5 Cara Agar Wifi Tidak Lemot yang Bisa Dicoba.

5 Cara Agar Wifi Tidak Lemot yang Bisa Dicoba

3. Lakukan Pengaturan Frekuensi Channel

Berikutnya, cara agar wifi tidak lemot berikutnya adalah mengatur frekuensi channel. Untuk melakukan setting ini, pengguna perlu masuk ke bagian pengaturan channel pada router. Pasalnya, setiap router mempunyai cara masuk pengaturan yang berbeda-beda.

Sebaiknya periksa buku manual router dan ketahui cara masuk ke pengaturan yang benar. Kembali ke pembahasan pengaturan channel, ubahlah frekuensi channel ke channel 6, 1, atau 11. Pastikan untuk memberikan waktu tunggu usai melakukan perubahan.

Apabila masih lemot artinya channel bersinggungan dengan router lain, pengguna dapat mengubah frekuensi channel kembali. Serta pastikan menemukan channel yang cocok antara 6, 1, atau 11.

4. Ubah Pengaturan DNS

Cara lain untuk mengatasi wifi yang lambat adalah dengan mengubah pengaturan DNS. Jadi, DNS merupakan menu pencarian nama di komputer yang memanfaatkan TCP dan IP. Jika pengguna melakukan perubahan pada pengaturan DNS, pengguna dapat memperbaiki koneksi internet dari wifi.

Kebanyakan perangkat menggunakan DNS default dengan DNS Google. Lakukan perubahan setting DNS melalui DNS Google. Kemudian, agar proses perbaikan lebih optimal, putuskan sambungan internet dan lakukan sambungan kembali setelah beberapa saat. Selesai, coba kembali dan internet wifi sudah kembali normal.

5. Ganti Provider Internet

Apabila sederet cara di atas tidak dapat mengatasi masalah wifi lambat bisa jadi hal ini disebabkan oleh provider internet yang mengalami gangguan. Jika pengguna memerlukan koneksi internet untuk keperluan belajar atau pekerjaan sehari-hari sudah semestinya untuk menggunakan provider internet dengan koneksi terbaik.

Perlu diketahui bahwa tidak semua provider internet dapat memberikan kualitas jaringan yang baik di seluruh area. Ada beberapa lokasi yang tidak mendukung provider internet. Oleh sebab itu, pengguna dapat mengganti provider internetnya dengan yang baru dan memeriksa kecepatan internetnya di lokasi sebelum membelinya.

Itulah beberapa cara agar wifi tidak lemot yang bisa pengguna coba lakukan sendiri. Perhatikan untuk berhati-hati dalam mengubah setting bandwidth. Mengubah setting bandwidth ke frekuensi tinggi dapat berdampak pada meningkatnya harga biaya langganan.

Baca Juga :

Sering Merasa Bosan dengan Aktivitas Download Aplikasi Lirik Lagu ini.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *