Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan

dropbuy.net– Ada beberapa jenis usaha budidaya perikanan. Anda dapat menanam ikan untuk dimakan sebagai, untuk ditebar untuk pemancing, atau untuk memasok akuarium.

Budidaya ikan tidak selalu membutuhkan air yang besar. Bagi banyak spesies, peternakan ikan dapat ditemukan di dalam atau di luar ruangan.

Memulai budidaya ikan budidaya memang membutuhkan pengeluaran keuangan yang signifikan. Anda dapat menghasilkan keuntungan yang baik, tergantung pada jenis budidaya ikan yang Anda lakukan dan spesies ikan yang Anda pilih.

Kami akan membawa Anda langkah demi langkah, dari cara memulai hingga cara menjalankan bisnis.

Apa itu peternakan ikan?

Peternakan ikan adalah tempat di mana ikan dibiakkan dan ditanam secara artifisial. Nama untuk praktik budidaya ikan adalah pisciculture.

Budidaya ikan komposit dapat menjadi jenis pisciculture. Dalam jenis budidaya ikan ini, lima atau enam spesies ikan ditanam di kolam yang sama.

Pisciculture adalah bagian dari akuakultur. Akuakultur juga termasuk tumbuh krustasea dan moluska.

Baca Juga:

Cara Belajar Menjadi Pemilik Usaha Kecil Yang Sukses
6 Mobil Tercepat Di Dunia Saat Ini
Free Fire Max Download Apk Mod Terbaru

Mengapa Anda harus Memulai Bisnis Budidaya Ikan Skala Besar

Mungkin mahal untuk memulai peternakan ikan skala besar dan sebagian besar pekerjaan melibatkan kerja fisik. Jadi mengapa memulai budidaya ikan skala besar?

  • Ikan dipandang sebagai sumber utama makanan laut selama 20 tahun ke depan.
  • Sudah, 30% ikan yang dimakan setiap tahun oleh orang-orang ditanam di peternakan.
  • Dibandingkan dengan Peternakan Hewan Darat, bisnis beternak ikan tumbuh 3 kali lipat.

Peternakan dapat ditemukan di kolam, kolam atau tangki, atau di kandang/jaring dalam budidaya lepas pantai.

Penangkapan ikan komersial dibatasi oleh kuota dan bersifat musiman. Budidaya ikan dapat berlangsung sepanjang tahun, tanpa batas jumlah yang Anda naikkan.

Peternakan ikan bisa menguntungkan dan ramah lingkungan.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, populasi ikan liar berisiko, dan memelihara ikan ternak dapat memasok kebutuhan pangan dunia.

Budidaya Ikan Dalam Ruangan Vs luar ruangan: model bisnis mana yang terbaik?

Ikan membutuhkan oksigen, air tawar, dan makanan. Apakah Anda memilih untuk beroperasi di dalam atau di luar ruangan tergantung pada kemampuan Anda untuk menyediakan 3 elemen kunci di lokasi yang Anda pilih.

Anda mungkin berpikir di luar ruangan jika Anda sudah memiliki tanah dengan kolam yang ada. Tetapi kolam yang ada tidak selalu merupakan pilihan terbaik, seringkali karena terlalu dalam. Itu membuatnya sulit untuk menjaring ikan.

Sistem Kolam tidak boleh lebih dari 4 hingga 6 kaki, dan harus dapat dikeringkan. Anda membutuhkan sumber air tawar yang andal. Sebagai aturan umum, Anda membutuhkan 15-20 galon per menit per hektar permukaan air.

Dengan sistem indoor atau outdoor, air harus dipompa dari sumur untuk sampai ke angka-angka.

Sistem dalam ruangan menghilangkan potensi masalah seperti ikan yang lolos dan predasi. Dengan indoor lebih mudah untuk menjaga kualitas air yang optimal, karena Anda tidak tunduk pada elemen outdoor. Juga lebih mudah untuk mengontrol suhu.

Beberapa ikan menyukai air yang cukup hangat. Nila, misalnya, membutuhkan suhu air antara 82-86 F derajat.

Berapa biaya untuk memulai budidaya ikan?
Biaya bervariasi antara pengaturan indoor dan outdoor untuk memelihara ikan. Membangun kolam bisa berharga antara $ 3.000 dan $ 10.000. Tangki dalam ruangan bisa lebih murah, dari $1.000 hingga $3.000.

Mari kita lihat kebutuhan dasar untuk memelihara ikan-oksigen, air, dan makanan.

Oksigen-apakah Anda berada di dalam ruangan atau di luar ruangan, Anda memerlukan sistem sirkulasi air atau aerasi.

Anda bisa bertahan dengan sistem aerasi, untuk setiap tangki atau kolam, dan salah satunya akan menelan biaya antara $1.000 dan $3.500. Sistem resirkulasi air terintegrasi dapat menelan biaya yang signifikan, dari $ 10.000 hingga $100.000.

Air-Anda akan membutuhkan aliran minimum 15 galon per menit per hektar permukaan air. Tentunya biaya ini akan selangit jika Anda menggunakan air meteran. Anda akan membutuhkan sumur yang bagus.

Makanan-pakan komersial, pelet atau tepung ikan, sudah tersedia. Tetapi pakan adalah 70% dari biaya operasional.

Beberapa operasi ikan budidaya skala besar menghasilkan pelet makanan ikan atau tepung ikan mereka sendiri. Ikan budidaya diberi makan secara artifisial. Ikan seperti salmon bisa diberi makan ikan yang lebih kecil.

Jika Anda membangun kolam, mengharapkan biaya sekitar $ 2.000 untuk setiap hektar luas permukaan.

Setelah memenuhi kebutuhan dasar, Anda harus menghitung biaya asuransi. Anda akan memerlukan kebijakan yang komprehensif sehingga Anda dilindungi oleh kegagalan” tanaman”. Ikan dapat musnah karena penyakit, atau mati karena kegagalan peralatan mekanik atau listrik.

Cara Memulai Peternakan Ikan: 7 Langkah Penting

Anda memiliki segudang keputusan untuk dibuat. Selain memutuskan apakah akan beroperasi di dalam atau di luar ruangan, ada pilihan utama lainnya.

Jenis ikan apa yang harus Anda peternakan? Jenis bisnis apa yang akan disediakan ikan budidaya Anda-industri makanan? Olahraga memancing?

Salah satu pertimbangan yang akan membantu Anda membuat pilihan adalah untuk melihat kompetisi di daerah. Segmen budidaya ikan dari industri akuakultur terus berkembang.

Jika seseorang di lokasi geografis Anda sudah memiliki kunci pada nila hidup, misalnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan ikan lain.

1. Tentukan spesies ikan yang akan Anda tanam

Air Tawar-Nila dan lele adalah spesies yang paling umum ditanam di AS. Keduanya adalah petani cepat. Nila sering menjadi spesies yang dipilih untuk budidaya ikan dalam ruangan karena kebutuhan mereka akan Suhu air hangat yang konstan antara 82 dan 86 F.

Di seluruh dunia, ikan mas (umum, rumput, perak dan Rohu)adalah spesies yang paling umum ditanam. Trout pelangi adalah spesies trout yang paling umum ditanam.

Peternakan Salmon air asin-Atlantik adalah ceruk besar industri akuakultur. Salmon yang dibudidayakan dapat ditanam di kandang atau kandang jaring yang diatur ke dalam air garam.

Tuna sirip biru adalah spesies ikan populer lainnya, juga ditanam dalam sistem kandang atau kandang jaring, untuk memisahkannya dari ikan liar.

Belut kaca adalah tahap remaja belut Eropa dan bagian penting dari rantai makanan. Mereka ditanam dan dibudidayakan sebagai pakan ikan untuk spesies karnivora, seperti salmon budidaya dan hewan air lainnya dan mamalia laut.

Mereka tidak tumbuh menjadi makanan. Mereka adalah bagian penting dari rantai makanan ketika Anda memelihara ikan-seperti tuna sirip biru dan bahkan salmon – yang memakan ikan kecil lainnya.

British Columbia dan Pulau Vancouver memimpin dunia dalam pertanian salmon. Pasar Asia memimpin dunia dalam permintaan, dengan Amerika Selatan menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

2. Pilih Metode Budidaya Ikan Anda

Pertanian goreng klasik-menggunakan aliran melalui sistem tangki, ikan trout dibesarkan dari telur untuk digoreng (fingerlings). Ini adalah metode umum untuk memelihara ikan trout yang akan dirilis untuk pemancing olahraga.

Spesies tunggal-di dalam atau di luar ruangan, satu spesies pada satu waktu. Dalam industri perikanan, metode ini disarankan bagi pendatang baru untuk bertani ikan

Kultur ikan komposit – lima atau enam spesies dibesarkan dalam satu kolam. Spesies harus tidak bersaing. Dengan kata lain, spesies ini memiliki kebutuhan makanan dan habitat yang berbeda.

3. Nama Bisnis Anda

Anda perlu memberi nama bisnis Anda dan mendaftarkannya ke sekretaris negara Anda. Periksa untuk mengetahui apakah Anda memerlukan izin khusus untuk menggunakan kolam yang ada.

4. Buat rencana bisnis yang luar biasa

Anda akan membutuhkan modal untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dan sistem untuk menjaga air tetap bersih dan diangin-anginkan.

Sistem daur ulang terintegrasi mahal, tetapi harganya turun dalam beberapa tahun terakhir karena banyak kemajuan teknologi.

Periksa pinjaman yang didukung pemerintah. Budidaya ikan sebagai bagian dari sistem akuakultur dianggap sebagai organisasi pertanian “alternatif”. Sebagai organisasi pertanian alternatif, mungkin memenuhi syarat untuk pembiayaan khusus.

Bagian dari rencana:

Mulai dari yang kecil. Dapatkan pengalaman memelihara ikan sambil mengurangi kemungkinan bencana.
Sisihkan modal untuk biaya startup. Mengejar pinjaman sesuai kebutuhan setelah Anda memiliki produksi yang sukses.

  • Ketahui target pasar Anda dan mulailah mempromosikan bisnis anda.
  • Hitung biaya operasi.

5. Menangani hal-hal hukum

Jika Anda akan melakukan budidaya ikan di luar ruangan, Anda perlu meneliti kemungkinan dampak dan peraturan lingkungan.

Anda dapat menciptakan dampak lingkungan yang negatif jika kolam Anda dibuang ke jalur air yang berlanjut ke properti lain. Ikan dapat menghasilkan sejumlah besar limbah.

Anda juga dapat dikutip dan didenda jika ikan Anda melarikan diri dan bercampur dengan ikan liar. Itu mungkin dapat menyebabkan penyakit pada ikan liar atau pengenalan spesies nonnatif di lingkungan alami.

Jika Anda akan menjual ikan hidup-hidup, Anda harus melihat ke dalam peraturan yang melibatkan transportasi mereka.

Dapatkan izin yang diperlukan untuk menjalankan bisnis anda. Putuskan bagaimana Anda ingin mendirikan bisnis anda – apakah anda kepemilikan tunggal, kemitraan, korporasi atau perseroan terbatas?

7. Tentukan lokasi

Apa lokasi yang sempurna untuk membangun serangkaian kolam? Jenis tanah terbaik untuk kolam memiliki banyak tanah liat.

Desain Kolam berbeda untuk spesies yang berbeda. Lele adalah pengumpan bawah. Spesies lain, seperti ikan mas, mengintai di dekat permukaan. Ikan lain menghuni kedalaman air di antaranya.

Ada elemen dalam desain kolam yang tidak berubah. Anda membutuhkan aliran masuk dan keluar yang baik, ke dalam parit irigasi. Anda membutuhkan ruang yang cukup di antara kolam untuk memungkinkan peralatan bergerak, memberi makan, dan memanen. Anda mungkin harus menyediakan layar dan penghalang pelindung lainnya untuk melindungi ikan dari predator.

Anda perlu melindungi lingkungan sekitar dari limbah yang dihasilkan oleh ikan.

7. Dapatkan semua peralatan yang dibutuhkan

Pompa-aerasi sangat penting. Ikan membutuhkan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup dan tumbuh.

Pengujian air-kualitas dan suhu air harus dipantau 24/7. Terkadang bahan kimia harus ditambahkan dalam jumlah kecil untuk menyeimbangkan pH air.

Pengolahan air-sistem pemurnian air. Sinar ultraviolet juga dianjurkan untuk membunuh patogen.

Akhir Kata

Demikian yang bisa saya sampaikan di dropbuy, dan semoga ini adalah sebuah informasi yang memberikan pelajaran berharga. Namun jika ada banyak kekuranga mohon untuk berbagi solusi di kolom komentar, sekian dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.