Simak Cara Pasang Bluetooth di PC Beserta Cara Mengatasi ApabilaTidak Dapat Diaktifkan

Simak Cara Pasang Bluetooth di PC Beserta Cara Mengatasi ApabilaTidak Dapat Diaktifkan

Tidak semua PC keluaran beberapa tahun ke belakang telah dilengkapi atau didukung oleh perangkat Bluetooth bawaan dari produsennya. Apabila memiliki kondisi seperti ini, pengguna bisa memanfaatkan adaptor USB Bluetooth. Nantinya pengguna tinggal mempelajari bagaimana cara pasang Bluetooth di PC miliknya.

Dengan banyaknya aksesori yang menggunakan Bluetooth sebagai media penyambungnya, akan jauh lebih nyaman jika PC memiliki sambungan Bluetooth. Pengiriman data dari PC ke perangkat lain pun akan jauh lebih mudah dan tidak memerlukan kabel. Bagaimanakah proses pemasangannya? Yuk simak pembahasannya!

Cara Memasang Perangkat Bluetooth di PC

Sebelum membeli, pastikan pengguna sudah memeriksa PC-nya dengan teliti. Sebab terdapat beberapa penyedia perangkat PC yang membutuhkan driver khusus atau alat-alat tertentu untuk mengaktifkan Bluetooth. Jika sudah memastikan bahwa PC tidak memiliki fitur tersebut, beli dan pasanglah adaptor USB Bluetooth.

Perangkat ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan tentunya dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko aksesoris laptop dan PC terdekat. Cara memasangnya pun sama sekali tidak sulit dan pasti bisa dilakukan oleh siapa pun. Untuk lebih jelasnya, simak cara pemasangannya:

  • Apabila pengguna sudah memastikan jenis Bluetooth yang digunakan pada perangkat PC-nya dan sudah membeli adaptor, hubungkan pada port USB. PC dengan Windows 8 dan 10 akan secara otomatis meng-install adaptor beserta driver-nya.
  • Untuk versi Windows sebelumnya, unduhlah driver secara terpisah. Unduhlah driver yang berasal dari pabrikan adaptor atau yang berasal dari Broadcom (pabrikan Bluetooth yang sebenarnya).
  • Jangan lupa untuk memastikan kecocokan versi driver-nya dengan sistem operasi PC. Pilih versi yang sesuai dengan spesifikasinya, yaitu antara 32-bit atau versi 64-bit.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, perangkat Bluetooth sudah siap digunakan dan disandingkan dengan perangkat lainnya. Klik di bagian sudut kanan bawah pada taskbar, biasanya Bluetooth yang sudah ter-install akan terpampang di sana.
  • Windows 8 dan 10 cukup menekan tombol pair pada bagian ‘PC and Devices’ jika ingin menghubungkan Bluetooth dengan perangkat lain.
  • Namun, untuk Windows 7 dan versi sebelumnya, pengguna harus memilih ‘Add a device’ terlebih dahulu baru mengklik ‘Next’. Perangkat baru akan terhubung beberapa saat kemudian.
  • Apabila ingin mengatur Bluetooth lebih jauh, pergilah menuju ‘Control Panel’. Pilihlah menu ‘All Control Panel Items’, kemudian pilihlah opsi ‘Devices and Printers’.

Cara Mengatasi Bluetooth yang Tidak Mau Diaktifkan Setelah Pemasangan

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan adaptor Bluetooth pada PC. Pertama adalah keadaan file-file sistem di PC yang masih berfungsi dengan baik, kedua adalah kondisi dari adaptor Bluetooth itu sendiri. Bluetooth tidak dapat berfungsi jika salah satunya terganggu.

Namun jika adaptor USB Bluetooth tidak mau diaktifkan setelah melakukan cara pasang Bluetooth di PC, lakukanlah cara di bawah ini. Pengguna bisa melakukan instalasi driver Bluetooth terbaru, mencopot pemasangan adaptor, dan lain-lain. Untuk langkah-langkah yang lebih jelas, simak pembahasan berikut:

  • Carilah akar permasalahannya terlebih dahulu. Apabila permasalahan berada pada driver-nya, unduhlah dan install driver baru sesuai dengan jenis adaptor-nya. Jika sudah, restart-lah PC dan aktifkan Bluetooth.
  • Apabila cara tersebut tidak efektif, cobalah uninstall adaptor terlebih dahulu. Pergilah ke menu ‘Start’, kemudian ketiklah ‘Device Manager’ di kolom pencarian. Klik kanan pada adaptor, kemudian pilihlah opsi uninstall. Restart-lah PC, nanti driver adaptor akan otomatis terpasang ulang.
  • Cek kembali Bluetooth tersebut di ‘Device Manager’. Jika belum diaktifkan, coba klik kanan adaptor Bluetooth dan pilih ‘Enable’.
  • Namun jika kedua cara tersebut tidak efektif, mungkin adaptor tidak bisa diaktifkan karena rusak, pertimbangkanlah untuk mengganti adaptor yang baru.

Simak Cara Pasang Bluetooth di PC Beserta Cara Mengatasi ApabilaTidak Dapat Diaktifkan.

Simak Cara Pasang Bluetooth di PC Beserta Cara Mengatasi ApabilaTidak Dapat Diaktifkan

Untuk mengaktifkan Bluetooth di komputer, pertama-tama Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda memiliki fitur Bluetooth yang dapat digunakan. Banyak komputer yang tidak memiliki fitur Bluetooth, jadi jika Anda tidak yakin, Anda dapat memeriksa manual komputer atau bertanya kepada produsen komputer.

Jika komputer Anda memiliki fitur Bluetooth, maka Anda dapat mengaktifkannya dengan beberapa cara berikut:

  1. Klik ikon Bluetooth di system tray (bagian bawah layar komputer) atau buka Control Panel dan klik “Add a Bluetooth device” (Tambahkan perangkat Bluetooth).
  2. Ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar untuk mengaktifkan fitur Bluetooth dan mengkoneksikan perangkat Bluetooth ke komputer.
  3. Buka Pengaturan di komputer Anda, klik “Devices” (Perangkat), klik “Bluetooth” dan aktifkan opsi “Bluetooth”.

Jika Anda mengalami masalah saat mengaktifkan fitur Bluetooth, maka Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasinya:

  1. Periksa apakah driver Bluetooth sudah terinstal di komputer Anda. Anda dapat memeriksanya melalui Device Manager di komputer Anda. Jika driver belum terinstal, Anda dapat mendownload dan menginstalnya dari situs web produsen komputer atau dari situs web resmi Microsoft.
  2. Periksa apakah fitur Bluetooth telah diaktifkan di BIOS atau UEFI (untuk komputer dengan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru). Anda dapat mengakses BIOS atau UEFI dengan menekan tombol tertentu saat komputer sedang di-boot (biasanya F2, F10, atau Del). Cari opsi yang berkaitan dengan Bluetooth dan pastikan telah diaktifkan.
  3. Coba restart komputer dan perangkat Bluetooth Anda, kemudian coba koneksikan kembali perangkat tersebut ke komputer.
  4. Coba hapus perangkat Bluetooth yang terhubung ke komputer Anda dan sambungkan kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  5. Jika masalah masih belum teratasi, Anda dapat mencoba meng-update driver Bluetooth di komputer Anda melalui Device Manager atau mencari solusi di forum atau situs web yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Itulah cara pasang Bluetooth di PC beserta cara mengatasi apabila perangkat Bluetooth tidak dapat diaktifkan yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Rasakanlah kemudahan mengirim data tanpa memerlukan kuota internet atau Wi-Fi. Manfaatkan juga Bluetooth untuk menyambungkan perangkat seperti earphone, speaker, dan proyektor.

Baca juga :

2 Cara Mengecek Gula Darah di Android

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *